MULTIMEDIA
sebelumnya saya
menjelaskan tentang apakah itu MULTIMEDIA ,
saya ingin
memperkenalkan kepada teman-teman apakah itu aplikasi multimedia,kebutuhan
perangkat keras untuk multimedia, elemen multimedia, dan perangkat lunak untuk
menciptakan program multimedia.
Baik lah teman-teaman
saya ingin menjelaskan tentang apa itu multimedia yang sebenarnya sebagai
berikut ini:
MULTIMEDIA adalah suatu sarana
atau media melalui penggunaan komputer dalam menggabungkan dan menyajikan
suara, teks, , animasi, audio dan video dengan alat
bantu dan koneksi sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
sekarang saya
jelaskan kepada teman-teman apa saja aplikasi multimedia tersebut. berikut ini
penjelasannya:
1. Aplikasi
Multimedia
Pengertian dari corel draw
CorelDraw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.
Kegunaan dari program Corel Draw
Jika berbicara masalah kegunaan Corel Draw, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Namun bagi para penggunanya, program Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:
1.Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
2.Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
3.Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
4.Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.
sumber : http://laki-lakiwow.blogspot.com/2016/08/coreldraw-penjelasan-bagian-bagian.html
sumber : http://laki-lakiwow.blogspot.com/2016/08/coreldraw-penjelasan-bagian-bagian.html
Pengertian dari Adobe Photoshop
Adobe Photoshop atau biasanya di sebut sebagai Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek.
Phostoshop banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) sebagai perangkat lunak pengolah gambar atau foto dan bersama Adobe Acrobat, photoshop juga merupakan produk produksi terbaik dari Adobe Systems.
Fungsi dari Adobe Photoshop
Fungsi Photoshop untuk mempercantik gambar yaitu dengan cara menghaluskan atau objek, dimana hal ini dilakukan agar gambar tersebut terlihat lebih menarik dan indah. Fungsi Photoshop juga untuk merekayasa gambar yaitu dengan cara merubah tampilan ataupun menggabungkan gambar-gambar yang berbeda agar gambar tersebut terlihat seperti gambar asli dan seringkali dapat menipu mata yang melihatnya. Dan fungsi Photoshop untuk membuat desain gambar yaitu dengan cara menciptakan objek baru seperti logo, brosur, spanduk, dan poster.
Adapun fungsi adobe photoshop secara teknik:
- Mengkombinasi 2 gambar atau lebih menjadi satu gambar baru.
- Menghilangkan atau menghapus objek pada suatu gambar.
- Memberi atau merubah warna
- Merubah ukuran gambar menjadi lebih kecil ataupun menjadi lebih besar
- Mempertajam warna dan kualitas gambar
- Membersihkan atau memperindah gambar
- Mengaburkan gambar agar terlihat samar-samar
- Meningkatkan intensitas cahaya gambar agar terlihat lebih terang.
- Memotong gambar.
Kelebihan Adobe Photoshop :
- Gambar yang dihasilkan lebih memuaskan.
- Mudah di operasikan.
- Banyak fitur – fitur yang unggul.
- Bisa di gunakan untuk membuat tulisan dengan efek yang di inginkan. Buat anda yang ingin membuat tulisan tampil beda dan menakjubkan Photoshop adalah jawabannya.
- Bisa di gunakan untuk mendesain maupun untuk editing gambar.
- Bisa membuat beragam material.
- Bisa juga di gunakan untuk mengolah beberapa materi web. Buat anda yang mempunyai web dan akan mengup-load foto tetapi ukuran foto terlalu besar, Anda tidak perlu khawatir karena photoshop dapat di andalkan untuk hal ini.
- Familyar dalam kalangan kita.
- Fasilitas untuk editing lebih lengkap di banding lainnya.
- Bisa untuk rekayasa foto. Di dalam Photoshop anda dapat bebas berekspresi foto asli yang anda punya dapat di ubah menjadi lebih keren dan menarik.
- Bisa menambah efek lagi meski sudah terlalu banya efek.
- Penyimpanan dapat menggunakan berbagai format. Format penyimpanan pada photoshop tidak sekedar PSD, namun JPEG, PNG dan yang lainnya.
- Photoshop lebih cepat kerjanya.
Kekurangan Adobe Photoshop :
- Banyaknya layer yang di gunakan membuat orang bingung ketika menggunakan photoshop.
- Photoshop kurang baik saat digunakan untuk pembuatan majalah dan brosur karena tidak bisa sempurna saat pembuatan paragraf.
- Ukuran yang di butuhkan terlalu besar. Nah jika kita terlalu banyak menggunakan layer maka ukuran di Photoshop akan besar.
- Saat akan mencetak hasil Photoshop kertas yang digunakan relatif sulit.
Pengertian Adobe Premier dan Fitur-fiturnya
Adobe Premiere adalah salah satu program editing video yang dikembangan oleh Adobe Systems. Adobe Systems sendiri adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Adobe adalah salah satu perusahaan perangkat lunak yg paling besar di dunia. Adobe premiere merupakan sebuah program editing video yang sering sekali digunakan oleh rumah-rumah produksi, televisi dan praktisi di bidangnya.
Dalam hal editing, adobe banyak sekali memproduksi software-software canggih yang mungkin seringkali kita gunakan. Seperti Adobe Photoshop, 3D Studio Maker, Adobe After Effects, Adobe Ilutrator dan masih banyak software edting lainnya. Adobe premiere sendiri lebih dikhususkan untuk merangkai gambar, video dan audio. Sedangkan untuk menambahkan animasi pada video yang kita kerjakan, bisa menggunakan Adobe After Effects. Produk-produk dari Adobe Systems dibuat sengaja untuk bisa saling berintegrasi, hal ini bertujuan memudahkan pemisahan fungsi aplikasi bagi para pengguna.
Sebelum mempelajari lebih dalam tentang adobe premiere, sebaiknya kita mengenali dan memahami dulu fitur-fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini :
Premiere Pro mendukung editing video berkualitas tinggi di hingga 4K x 4K resolusi, di hingga 32-bit per channel warna, baik dalam dan RGB YUV. Versi 1,5 ditingkatkan dukungan untuk video definisi tinggi konten, dan manajemen proyek baru ditambahkan alat dan filter baru. Hal ini juga termasuk dukungan untuk 24p panjangnya. Versi 1.5.1 menambahkan dukungan untuk HDV. Versi 2.0 lebih refines 24p dan HDV editing, dan merupakan yang pertama NLE utama untuk mendukung natively Canon 24F format pada kamera seperti Canon XL H1, dengan tambahan update. Sejak versi 2.0, Premiere Pro telah memerlukan prosesor yang mendukung SSE2, yang tidak tersedia di beberapa prosesor tua.
Pada Premiere Pro CS3 ditambahkan dukungan untuk output ke Blu-ray Disc, dan Flash MPEG-4/H.264 berbasis situs web, serta Waktu Remapping, yang mudah-di-gunakan variabel Fram rate pelaksanaan. Dimulai di Premiere Pro CS3, Adobe Encore disertakan untuk authoring menu dan interaktivitas untuk DVD, Blu-ray discs, dan Flash untuk proyek web. Adobe OnLocation (sekarang lintas platform pada CS4) juga termasuk untuk direct-to-disc rekaman dan monitoring. Perbaruan untuk Premiere Pro CS3 asli telah menambahkan dukungan untuk kamera format file baru. 3,1 ditambahkan asli Panasonic P2 MXF impor, mengedit, dan ekspor DVCPRO, DVCPRO HD DVCPRO50 dan material. 3,2 ditambahkan asli XDCAM HD EX dan impor dan mengedit.
Pengertian Adobe Flash
Adobe
Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak
komputer yang merupakan produk unggulan Adobe System. Adobe Flash digunakan
untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang
dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat
diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash
menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya
pada Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Kegunaan Adobe Flash
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya.
Berikut
ini adalah kegunaan dari Flash Player:
- Adobe Flash Player dapat
membantu memutar video yang berformat .swf yang secara umum dipasang
disitus game.
- Adobe Flash Player
berguna untuk IRC, contohnya Chat yahoomail.
- Adobe Flash Player
berguna untuk menampilkan video streaming, contohnya youtube.
- Adobe Flash Player berguna
untuk mendownload dan mengupload video di youtube.
- Adobe Flash Player berguna
untuk mengupload foto ke media sosial, contohnya instragram, facebook,
twitter.
Adobe After Effects adalah salah satu software compositing yang populer dan telah digunakan secara luas dalam pembuatan video, multimedia, film dan web. After Effects terutama dipakai dalam penambahan efek khusus seperti efek petir, hujan, salju, ledakan bom, dan efek khusus lainnya. After Effects telah membantu para praktisi perfilman Hollywood dalam menghasilkan film-film dengan efek khusus yang spektakuler. Spawn, Titanic, Deep Rising, The Jackal adalah beberapa judul film yang telah memanfaatkan potensi After Effects.
Beberapa fitur yang terdapat di adobe after effects diantaranya :
1. Preset yaitu ukurang yang akan digunakan pada project anda (kalau anda memilih preset maka akan mempengaruhi “Width And Height” secara otomatis akan muncul sesuai yang anda pilih) misalnya anda mau membuat project untuk tune telivisi atau periklanan telivisi maka anda harus menggunakan (PAL D1/DV Square Pix, 768 x 576), apabila untuk pembelajaran dapat menggunakan ukuran (Medium, 320 x 240) Pixel Aspect Ratio gunakan “Square Pixels”.
2. Frame Rate yaitu perhitungan frame per second artinya misalnya anda menggunakan 30 FPS jadi anda dalam satu detik menggunakan 30 gambar, tapi standar Televisi Indonesia menggunakan 25 FPS. Jepang juga menggunakan 25 FPS untuk pembuatan film kartun.
3. Resolution yaitu untuk menentukan hasil gambar yang akan dibuat nantinya, didalamnya terdapat berbagai pilihan diantaranya, Full, Half, Third, Quarter, dan Custom. Ini juga mempengaruhi besar kecilnya RAM. Apabila kita menggunakan RAM yang standar misalnya 128 maka kita dapat memilih resolution “Full” tapi dengan catatan tidak menggunakan image yang banyak, karena dapat menambah berat ketika pengerjaan.
4. Start Time Code yaitu jika anda mengakses project dengan menulis 0.00.01.00, maka pembuatan project anda akan mulai pada menit ke 1.
5. Duration yaitu untuk menentukan akhir waktu project yang dikerjakan (perlu diketahui dalam suatu periklanan 1 detik saja adalah uang maka harus berhati-hati dalam memperhitungkan ini, jika perusahaan televisi meminta untuk membuatkan project 15 detik maka anda harus membuatnya tepat 15 detik, tidak boleh lebih atau kurang)
6. Anchor Point yaitu untuk menggeser image tetapi tidak berjalan.
7. Position yaitu untuk menggeser dari arah samping kanan atau kiri atau juga bisa dari atas kebawah.
8. Scala yaitu untuk mengecilkan atau memperbesar image
9. Rotation yaitu untuk membuat image berputar
10. Opacity yaitu untuk mengatur image menjadi transparan
sumber : http://rio-8.blogspot.com/2014/04/pengertian-aplikasi-after-effects-dan.html
1. Preset yaitu ukurang yang akan digunakan pada project anda (kalau anda memilih preset maka akan mempengaruhi “Width And Height” secara otomatis akan muncul sesuai yang anda pilih) misalnya anda mau membuat project untuk tune telivisi atau periklanan telivisi maka anda harus menggunakan (PAL D1/DV Square Pix, 768 x 576), apabila untuk pembelajaran dapat menggunakan ukuran (Medium, 320 x 240) Pixel Aspect Ratio gunakan “Square Pixels”.
2. Frame Rate yaitu perhitungan frame per second artinya misalnya anda menggunakan 30 FPS jadi anda dalam satu detik menggunakan 30 gambar, tapi standar Televisi Indonesia menggunakan 25 FPS. Jepang juga menggunakan 25 FPS untuk pembuatan film kartun.
3. Resolution yaitu untuk menentukan hasil gambar yang akan dibuat nantinya, didalamnya terdapat berbagai pilihan diantaranya, Full, Half, Third, Quarter, dan Custom. Ini juga mempengaruhi besar kecilnya RAM. Apabila kita menggunakan RAM yang standar misalnya 128 maka kita dapat memilih resolution “Full” tapi dengan catatan tidak menggunakan image yang banyak, karena dapat menambah berat ketika pengerjaan.
4. Start Time Code yaitu jika anda mengakses project dengan menulis 0.00.01.00, maka pembuatan project anda akan mulai pada menit ke 1.
5. Duration yaitu untuk menentukan akhir waktu project yang dikerjakan (perlu diketahui dalam suatu periklanan 1 detik saja adalah uang maka harus berhati-hati dalam memperhitungkan ini, jika perusahaan televisi meminta untuk membuatkan project 15 detik maka anda harus membuatnya tepat 15 detik, tidak boleh lebih atau kurang)
6. Anchor Point yaitu untuk menggeser image tetapi tidak berjalan.
7. Position yaitu untuk menggeser dari arah samping kanan atau kiri atau juga bisa dari atas kebawah.
8. Scala yaitu untuk mengecilkan atau memperbesar image
9. Rotation yaitu untuk membuat image berputar
10. Opacity yaitu untuk mengatur image menjadi transparan
sumber : http://rio-8.blogspot.com/2014/04/pengertian-aplikasi-after-effects-dan.html
Pengertian 3d max yaitu sebuah paket software
paling luas yang dipakai dikala ini, alasannya yaitu ada beberapa alasan yakni
penggunaan dari platform Ms. Windows, arsitektur plugin banyak dan kemampuan
untuk mengedit yang paling serba bisa. Ada sebanyak 5 metode dari pemodelan
dasar, diantaranya NURBS, pemodelan Polygon, surface tool, NURMS dan Permodelan
primitif. Permodelan primitif sendiri termasuk metode dasar, yang mana
seseorang telah membentuk model menggunakan banyak silinder, kotak, cone dan
objek yang sudah tersedia.
Kelebihan 3D Max
Ada beberapa keunggulan serta
fitur-fitur yang dimiliki oleh aktivitas 3D Max, diantaranya:
· Memberikan Rangka Objek 3D
Keunggulan dari fitur 3D Max yang
pertama yaitu memperlihatkan rangka objek dari aksara 3D yang sudah dibuat,
dengan begitu aksara 3D pun bisa bergerak layaknya pada manusia. Dalam hal ini
terdapat 2 teknik yang bisa dilakukan menyerupai teknik Biped dan teknik Bone.
Teknik Biped untuk menciptakan sebuah tulang yang terintegrasi ke dalam sebuah
kesatuan rangka utuh. Sementara teknik bone yaitu menciptakan tulang dengan
satu persatu kemudian dilakukan link untuk antar tulang yang berkaitan satu
sama lain.
· Membuat Model Unorganic dan Organic
Model un-organik sendiri biasanya
dibentuk menggunakan teknik Compound Spline Modelling dan Compound Modelling.
Teknik Compound Modelling merupakan sebuah teknik untuk menciptakan model
melalui penggabungan atau pengkombinasian atau bentuk dari objek geometri.
Sementara Spline Modelling sendiri teknik pembuatan model membentuk objek dari
2dnya lebih dulu kemudian ditransfer ke dalam bentuk 3D. Model organic bisa
berupa aksara dari model faktual makhluk hidup misalnya binatang dan
manusia.
· Membuat Texture Cartoon dan Texture
Real
Objek berbentuk 3D bisa diberikan
sebuah texture realistic biar terlihat faktual yakni berbentuk texture cartoon.
Sementara texture real sendiri memperlihatkan texture bergotong-royong menurut
karakteristik dan sifatnya.
2. Penjelasan yang selanjut nya adalah perangkat keras dari untuk
multimedia adalah sebagai berikut ini :
Perangkat keras atau yang sering
dikenal di dunia komputer dengan sebutan hardware ini merupakan komponen
computer yang sangat penting. Berbeda dengan software biasa nya hardware bisa
kita pegang secara langsung. Nah kali ini admin mau share sedikit mengenai
hardware namun yang berhubungan dengan multimedia. Perangkat keras yang
dibutuhkan multimedia dapat dikelompokan menjadi lima, yaitu perangkat
konektor, input, output, penyimpanan dan perangkat komunikasi.
1. Perangkat konektor
Beberapa perangkat computer ,
seperti monitor, hardisk, video proyektor, speaker dan perangkat-perangkat
lain, terdapat kebel-kabel yang menghubungkan. Kecepatan transfer data
perangkat konektor yang digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content
multimedia. Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :
a. Small computer system
interface (SCSI)
SCSI merupakan perangkat standar
untuk penghubung secara fisik dan pertukaran data antara computer dan
peripheral. SCSI biasa digunakan untuk harddisk.
b. Media control interface
(MCI)
MCI merupakan perpankangan dari API
untuk mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung dengan computer. MCI
terdiri dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer dan wave audio.
c. Intergrated drive
electronic (IDE)
Atarmuka IDE merupakan standar untuk
media penyimpanan yang terhubung ke computer.
d. Universal serial bus
(USB)
USB merupakan standar bus serial
untuk menghubungkan beberapa perangkat. USB terhubung menggunakan sebuah soket
antarmuka standard an memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat
dipasang dan dilepas tanpa harus mematikan computer terlebih dahulu.
e. High-definition
multimedia interface (HDMI)
HDMI adalah sebuah standar koneksi
digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan suara resolusi tinggi.
Kelebihan kabel HDMI dapat menampilkan gambar Full-HD, Surround Sound, control
signal , bahkan data Ethernet, hanya dengan satu kabel.
2. Perangkat input
Perangkat input adalah
perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk
diolah oleh computer atau yang gampang diinget sebagai perangkat masukan
informasi yang kemudian diolah oleh komputer. Beberapa perangkat input tersebut
antara lain :
a. Keyboard untuk mengolah
text .
b. Mouse, touchpad ,
touchscreen, trackball , lightpen merupakan perangkat pointing.
c. Perangkat input gambar
dan video, webcam dan scanner
d. Perangkat input audio,
microphone.
3. Perangkat output
Perangkat output adalah
perangkat yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari
komputer kepada pengguna. Perangkat output antara lain :
a. Speaker, untuk
mengeluarkan suara
b. Monitor, untuk
menampilkan display baik berupa text, gambar, maupun video.
c. Printer, biasa nya
untuk menghasilkan text atau gambar dalam bentuk cetakan.
4. Perangkat penyimpan
Perangkat penyimpan
adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat
penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data. Beberapa
perangkat penyimpan tersebut antara lain :
a. Random access memory
(RAM)
RAM merupakan memori
utama yang digunakan untuk inisialisasi sistem operasi dan juga program
aplikasi. RAM bersifat volatile dan setiap program yang diakhiri/ditutup maka
akan dihapus dari RAM. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat waktu
pemrosesan.
b. Read only memory (ROM)
ROM bersifat
non-volatile. ROM biasa digunakan pada komputer untuk menyimpan program BIOS
yang digunakan untuk inisialisasi booting komputer. Pada printer, ROM digunakan
untuk menyimpan font.
c. Hardisk
Hardisk merupakan
perangkat penyimpan untuk data biner yang mudah dibaca oleh komputer.
d. Compact disk (CD)
CD adalah sebuah media
penyimpanan yang berbentuk piringan. Atau disebut juga optik pada generasi
pertama yang menggantikan disket (floppy disc) pada waktu itu karena CD memiliki
kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama. CD banyak
digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil atau sebagai media transmisi
software-software aplikasi.CD memiliki kapasitas penyimpanan data 700 MB
e. Digital versatile disk
(DVD)
DVD adalah media
penyimpanan optik yang populer. Penggunaan utamanya untuk menyimpan video dan
data. Ukuran fisik standarnya sama dengan CD (Compact Disc), namun dengan
kapasitas enam kali lipat dari CD.
5. Perangkat komunikasi
Aplikasi multimedia
dibuat oleh sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang, yang bisa jadi bekerja
dalam satu gedung, namun dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan
berjauhan jaraknya. Sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling
menghubungkan mereka. Perangkat komunikasi tersebut antara lain modem dan ISDN.
3.Elemen-Elemen Multimedia
Menurut Hofstetter (2001, p16) komponen multimedia terbagi atas lima jenis yaitu:
1.Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
2. Grafik (image)
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
3. Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.
Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
- WAVE
WAVE erupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV.
- MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan wave, kapasitas data yang dihasilkan juga jauh lebih kecil. MIDI disimpan dalam bentuk MID.
4. Video
Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.
5. Animasi
Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.
Menurut Foley, Van Dam, Feiner dan Hughes (1997, p1057) Animate adalah untuk membuat sesuatu hidup, sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi animasi mencakup semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan dalam teknik rendering.
Jenis-jenis multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu :
Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
- Media teks/tulisan
- Media audio/suara
- Media video
- Media animasi
- Media gambar
- Media Interaktif
- Media spesial effect
Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll.
Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
- TV
- Radio
- Film
- Media Cetak
- Musik
- Game
- Entertainment
- Tutorial
- Internet
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Computer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.
4. Macam-macam Perangkat lunak Soft Ware Multimedia
system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer
multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa
pemrograman multimedia, perangkat lunak sistem multimedia dan perangkat lunak
aplikasi multimedia.
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, PowerBuilder, Delphi, SQL, HTML, PHP, Visual Basic dan Java.
=> Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari sistem operasi (Operating System) misalnya DOS
(Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP,
Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10, UNIX, Linux atau Mac OS.
=> Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh
personal atau organisasi untuk pengguna yang beroperasi dalam bidang-bidang
multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi.
a) Perangkat Pengolah Teks dan Angka
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft Word, Word
Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa aplikasi
pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter dan Abi
Word.
Sedangkan aplikasi pengolah angka seperti Microsoft Exel, Lotus123 dan lain sebagainya...
b) Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
- Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe
Illustrator.
- Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, CorelPhoto Paint, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash.
c) Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak Animasi dan modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya.
e) Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah Macromedia Flash
yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, Macromedia
Dreamweaver/ Adobe Dreamweaver dan Microsoft Front Page.
Komentar
Posting Komentar